Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

DETEKSI DINI FAKTOR RISIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR

Dinas Kesehatan Kota Mataram bersama Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengadakan kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).  PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis dengan durasi yang panjang dan durasi penyembuhan yang umumnya lambat. Karenanya akan lebih baik jika dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga dapat ditanggulangi secepat mungkin.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung capaian indikator RPJMN dan RENSTRA 2020-2024, yakni menurunkan prevalensi obesitas penduduk umur >=18 tahun menjadi 21,8% pada tahun 2024, meningkatkan jumlah kab/kota yang melakukan deteksi dini penyakit PTM menjadi >=80% populasi usia >=15 tahun, meningkatkan jumlah kab/kota yang melakukan deteksi dini penyakit kanker menjadi >=80% populasi usia 30-50 tahun, meningkatkan jumlah kab/kota yang melakukan deteksi dini penyakit kanker menjadi >=40% populasi. Selain itu, tujuan lain kegiatan ini adalah mendukung pencapaian indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Kesehatan.

Deteksi Dini Faktor Risiko PTM ini didukung pula oleh sejumlah pihak seperti Kecatamatan, Kelurahan dan Lingkungan. Kali ini, Kelurahan yang ditunjuk sebagai lokasi kegiatan adalah Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan Wilayah Kerja (Wilker) Puskesmas Babakan.



Kegiatan ini dibagi menjadi empat, yakni Deteksi dini Diabetes Mellitus, Hipertensi dan Obesitas di Puskesmas Babakan juga Posyandu Keluarga Nusa Indah, Lingkungan Karang Bata Tengah; Deteksi dini Kanker Payudara dan Leher Rahim di Poskesdes Abian Tubuh Baru; Deteksi dini Gangguan Penglihatan dan Pendengaran di SMPN 5 Mataram; serta Deteksi dini Gangguan Mental Emosional yang juga dilaksanakan di Posyandu Keluarga Nusa Indah, Lingkungan Karang Bata Tengah.

Harapan para pelaku Kesehatan, dengan adanya kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM ini, masyakarat menjadi lebih mengerti tentang PTM dan menjadi waspada terhadap kesehatan pribadi mereka masing-masing. Dengan demikian, sinergitas masyarakat dan petugas Kesehatan akan selalu terjalin dengan baik dan masyarakat yang sehat dapat selalu diwujudkan.


Related News