Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

SAYANGI LANSIA DI MASA PANDEMI

DIALOG INTERAKTIF di RADIO GLOBAL LOMBOK (Jumat,  4 Juni 2021)

Sebagai wujud perhatian negara terhadap kelompok lanjut usia ( Lansia ), Pemerintah telah menetapkan Hari Lanjut Usia Nasional ( HLUN ) sejak 29 Mei 1996, sejak tahun 1996 tersebut setiap tahun HLUN diperingati dengan tema yang berbeda-beda. Pada peringatan ke 25 HLUN Tahun 2021 ini, Tema HLUN adalah “ Keluarga Bahagia Bersama lansia”. Tema ini sangatlah sejalan dengan situaasi pandemi saat ini, karena kelompok lansia menjadi kelompok yang paling rentan terpapar Corona Virus desease 19. Bahakan data – data menunjukkan kematian akibat covid 19 paling banyak dialami oleh kelompok lansia.

Mengingat pentingnya perhatian kita kepada lansia, maka Dinas Kesehatan Kota Mataram dalam memperingati HLUN tahun ini melaksanakan edukasi kepada masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan Dialog Interaktif di Radio. Kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum pendengar radio agar meningkat perhatiannya kepada lansia melalui pemahaman komprehensif tentang lansia.

 Dialog Interaktif tersebut di atas dilaksanakan di Radio Global FM Lombok dengan mengangkat Topik  “Sayangi Lansia  di Masa Pandemi”. Dengan  menghadirkan tiga (3) Orang Narasumber yang berhubungan dengan Pelayanan  Kesehatan Lansia dan pemberian vaksin Covid 19 yaitu Bapak H. Carnoto,S.KM,MM selaku Kabid P2P  ( Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ), Ibu Hadijah, SST selaku  Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi serta Ibu Nurhayati, A.Md.Keb selaku Pemegang Program Lansia  di Dinas Kesehatan Kota Mataram.

Pada dialog Interaktif tersebut, para narasumber memaparkan  tentang kategori lansia seperti Pra Lansia (Usia 45 – 59 Tahun), Lansia ( usia 60 tahun ke atas ). Adapun jumlah lansia di Kota Mataram saat ini sebanyak 36.280 jiwa atau 9 % dari Penduduk Kota Mataram. Selain kategori lansia narasumber juga menyampaikan adanya perubahan- perubahan yang secara alamiah terjadi saat memasuki lansia seperti ; perubahan fisik dan perubahan psikis.

Pesan penting lain yang disampaikan oleh narasumber adalah pentingnya memahami pandemic Covid 19 yang meliputi pengertian Covid 19, penyebab covid 19, Cara penularan dan upaya pencegahannya. Adapun pencegahan Covid 19 dapat dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan 5 M ( Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Di samping itu mematuhi berbagai kebijakan pemerintah juga sangatlah penting demikian ungkap narasumber. Salah satu kebijakan pemerintah yang saat ini masih terus diupayakan adalah pemberian vaksinasi Covid 19.

Informasi lain yang juga mengemuka pada dialog tersebut adalah adanya fasilitas pelayanan bagi lansia seperti Puskesmas, Posyandu, dan pelayanan lansia melalui kunjungan rumah melalui perkesmas. Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar memanfaatkan fasilitas yang ada secara maksimal sehingga para lansia menjadi lansia tangguh.

Hal menarik lainnya dalam dialog interaktif ini adalah adanya keluhan masyarakat tentang susahnya menghadapi lansia terutama terkait kebiasaan merokok, memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan lansia serta makanan yang harus dikurangi pada lansia.

Related News