Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

POSYANDU RAMAH REMAJA DI KOTA MATARAM

Masalah kesehatan pada masa remaja sangat kompleks, mulai dari perilaku merokok, menggunakan narkoba sampai dengan perilaku seksual beresiko yang menyebabkan mereka hamil sampai dengan terinfeksi penyakit IMS maupun HIV dan AIDS. Permasalahan tersebut tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif dan terintegrasi yang melibatkan semua unsur dari lintas program dan sektor terkait

Pelayanan kesehatan kepada remaja dilakukan didalam dan diluar gedung Puskesmas. Pelayanan dalam gedung dilakukan melalui Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Kegiatan luar gedung dalam lingkup sekolah melalui kegiatan UKS, sedangkan kegiatan diluar gedung sekolah dalam bentuk pembinaan kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta remaja dalam bidang kesehatan yang terbentuk dalam wadah Posyandu Ramah Remaja (PRR).

Pada tahun 2019 terbentuknya Posyandu Ramah Remaja di Kota Mataram diinisiasi oleh LSM PLAN Jakarta, melalui GAGAS (Galang Anak Semesta) Foundation sebagai perpanjangan  tangan PLAN Jakarta di Kota Mataram. Sebagai tahap awal di Kota Mataram telah terbentuk Posyandu Ramah Remaja pada 6 Puskesmas yang terdiri dari : Puskesmas Mataram (PRR Monjok Culik), Puskesmas Pejruk (PRR Pejeruk), Puskesmas Dasan Agung (PRR Bawak Bagek), Puskesmas Karang Pule (PRR Jempong Timur), Puskesmas Tanjung Karang (PRR Batu Ringgit Selatan) dan Puskesmas Ampenan (PRR  Tempit).

Dengan berkembangnya kegiatan posyandu ramah remaja membawa dampak positif untuk puskesmas yang bukan Lokus GAGAS untuk membentuk kegiatan posyandu ramah remaja tersebut. Total Posyandu Ramah Remaja yang terbentuk yang bukan bentukan GAGAS totalnya 16 Posyandu, sehingga Kota Mataram memiliki 22 Posyandu Ramah Remaja.

Adapun kegiatan posyandu ramah remaja ini, meliputi edukasi pada sasaran remaja yang dilakukan oleh petugas kesehatan dan kader posyandu remaja, antara lain: pemeriksaan fisik dasar, penyuluhan-penyuluhan seperti penyuluhan tentang Napza (narkotika dan zat adiktif), penyuluhan tentang PTM (penyakit tidak menular) dan penyakit IMS (infeksi menular seksual) serta topik-topik lain yang berbeda setiap bulannya, sehingga membawa dampak positif kepada remaja kita khususnya remaja Kota Mataram.

Related News