Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

Penyakit Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosa. Kuman penyebab penyakit TBC ini ditemukan oleh Robert Koch pada tanggal 24 Maret 1882. Sehingga WHO menetapkan tanggal penemuan kuman tersebut sebagai peringatan Hari TBC Sedunia. 

Sampai saat ini penyakit TBC masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia termasuk di Kota Mataram. Indonesia masuk menjadi negara dengan beban TBC tertinggi kedua di dunia setelah China. Yang menjadi beban dalam penanggulangan TBC di Indonesia dan khususnya di Kota Mataram adalah disamping penemuan kasus TBC yang masih rendah ditambah lagi dengan bertambahnya kasus HIV dan munculnya kasus TBC resisten obat (TB RO). Pada tahun 2021, Kota Mataram berhasil menemukan  sebanyak 739 kasus TBC, 12 kasus dengan TB koinfeksi HIV, dan 7 kasus dengan TB RO. Dan semua kasus sudah mendapatkan obat secara GRATIS sesuai rejimennya selama ≥ 6 bulan di fasilitas kesehatan.


Program penanggulangan dan pengendalian penyakit TBC saat ini masuk menjadi program prioritas nasional dan masuk dalam Standar Pelayanan Minimal, maka dengan demikian penanggulangan dan pengendalian TBC menjadi salah satu bagian yang dinilai dalam keberhasilan pembangunan bidang kesehatan suatu daerah.


Peringatan hari TBC sedunia setiap tanggal 24 Maret merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian negara-negara dalam penanggulangan dan pengendalian penyakit TBC.

Tahun 2022 ini Indonesia mengambil tema Investasi untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa. Hal ini merujuk pada tema World TB Day di Level Global yaitu Invest to End TB, Save Lives.


Mari ramaikan peringatan Hari TBC Sedunia ini.

Investasi Bersama untuk Sehatkan Bangsa!




#HariTBCSedunia2022

#InvestasiSehatUntukBangsa

#TOSSTBC

#MataramHARUM


“SELAMAT HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA”


Related News