Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL INTEGRASI

Untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan tradisional (Yankestrad) integrasi, sejumlah Rumah Sakit, Puskesmas mendapatkan sosialisasi mengenai pelayanan kesehatan tradisional melalui Work Shop secara online pada Selasa 15 Juni 2021 di Aula Rinjani RSUP NTB. Work Shop ini diberikan langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI Dr. IGM. Wirabrata, Apt.

Menurut Dr. IGM. Wirabrata, Apt,  yankestrad integrasi menjadi bagian penting dalam dunia medis. Karena kerap menjadi pilihan masyarakat untuk mencari kesembuhan dari penyakit diderita.

Penerapan yankestrad, bisa menjadi kombinasi dengan pelayanan kesehatan konvensional yang diterapkan di rumah sakit. “Dengan adanya Work Shop ini, kami harap bisa meningkatkan mutu dan pelayanan yankestrad integrasi di Fasilitas Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Wadir RSUP NTB memaparkan, pelayanan yankestrad integrasi dikembangkan untuk mendukung pelayanan konvensional di RSUP NTB, Layanan yankestrad integrasi sudah disediakan yaitu akupuntur.

“Tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas yankestrad integrasi. Di Indonesia, hanya ada 12. Dan RSUP NTB, termasuk di dalamnya,” tuturnya.

Wakil Direktur RSUP NTB berharap pemberian Work Shop dari pihak Kemenkes RI Khususnya Dirjen Yankestrad ini bisa mendorong perkembangan layanan kesehatan tradisional di Fasilitas Pelayanan Kesehatan NTB. Serta, layanan yankestrad integrasi tersebut, bisa semakin dikenal masyarakat. Khususnya, bagi warga Provinsi NTB. Sehingga, terwujud masyarakat yang sehat optimal (lahir dan batin).

Tim Direktorat Yankestrad juga melakukan kunjungan ke Poli Yankestrad yang ada di RSUP NTB, kemudian dilanjutkan ke Puskesmas Cakranegara sebagai lokus kunjungan supervisi lapangan. Dalam kunjungan ini Tim Direktorat Yankestrad terdiri dari 3 (tiga) orang dan  didampingi oleh 2 (dua) orang unsur dari Dinas Kesehatan Kota Mataram tiba di puskesmas Cakranegara jam 13.30. Kedatangan Tim disambut oleh Kepala Puskesmas Cakranegara dr. Hj. Nevy Lestari didampingi oleh pemegang program Yankestrad ibu Ni Putu Supraptini di ruangannya.

Menurut pemaparan Bu Putu ada beberapa kegiatan Yankestrad yang dilakukan di Puskesmas seperti pijat bayi, akupresur, juga KIE tentang tanaman obat pada pengunjung Poliklinik Yankestrad. Selain pelayanan dalam gedung pelayanan di luar gedung juga dilakukan seperti telah dibentuk Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat keluarga dan Akupresur ( ASMANTOSUR ) di beberapa lingkungan di wilayah kerja Puskesmas Cakranegara, namun kesinambungan kelompok ini masih mengalami hambatan terutama dalam hal pengadaan bibit-bibit Toga. Kedepannya diharapkan kerjasama dengan Lintas Sektor terkait dapat terjalin dengan baik sehingga kelompok ASMANTOSUR ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang sehat.

Related News