Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

Hepatitis adalah peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh berbagai sebab seperti bakteri, virus, proses aoutoimun, obat-obatan, perlemakan, alkohol dan zat berbahaya lainnya. Penyebab infeksi (Bakteri, virus dan parasit) merupakan penyebab terbanyak, diantara penyebab infeksi tersebut, infeksi karena virus Hepatitis A,B,C,D atau E merupakan penyebab tertinggi, walaupun Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti Mononucleosis infeksiosa, demam kuning atau sitomegalovirus. Sedangkan penyebab Hepatitis non virus terutama di sebabkan oleh alkohol dan obat obatan.

Pada 2022 diketahui ada juga penyakit Hepatitis akut yang menyerang anak-anak usia 11 bulan-5 tahun, dan belum di ketahui penyebabnya. Ditemukan pertama kali pada tanggal 15 april 2022 di Amerika dan Asia. Sedangkan di Indonesia Kewaspadaan tersebut meningkat setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022. Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

DENGAN MOMENTUM HARI HEPATITIS SEDUNIA MARI CEGAH HEPATITIS, GENERASI BEBAS HEPATITIS, OBATI HEPATITIS, STOP DISKRIMINASI HEPATITIS!

Related News