Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

e-LPLPO: Inovasi Daerah Instalasi Farmasi Kesehatan Kota Mataram

Pada Maret 2022, Dinas Kesehatan Kota Mataram menerima surat dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Mataram dalam rangka pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah dengan Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kota Mataram sebagai salah satu Peserta Inovasi Daerah. Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksanakan secara periodik oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Litbang dengan tujuan mendorong kompetisi positif antar Pemerintah Provinsi dan  antar Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Dalam hal demikian, IFK Kota Mataram, sesuai lampiran surat yang masuk, mengusung judul Elektronik LPLPO (e-LPLPO). Berangkat dari kegelisahan para tenaga kefarmasian yang menginginkan sebuah aplikasi yang menjembatani permintaan item farmasi oleh Puskesmas kepada IFK dan dapat tersedianya Laporan Pemakaian dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO) dengan dasar pencatatan yang sudah terotomatisasi, maka hadirlah aplikasi e-LPLPO ini. Untuk menghadirkan aplikasi ini, IFK Kota Mataram meminta kerja sama kepada Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram dengan menghadirkan satu staf Pranata Komputer sebagai penanggung jawab pembuatan aplikasi dan segala kegiatan terkait aplikasi yang mendukung dokumentasi Inovasi Daerah.

Segera setelah hadirnya aplikasi e-LPLPO, dilakukanlah kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada calon pengguna, yakni penanggung jawab stok IFK Kota Mataram dan tenaga farmasi yang berada di Puskesmas. Sebagai langkah awal, IFK Kota Mataram dan Dikes Kota Mataram mengambil tiga Puskesmas menjadi pilot project yakni Puskesmas Mataram, Puskesmas Selaparang dan Puskesmas Ampenan. Sosialisasi dilaksanakan oleh IFK Kota Mataram dan Dikes Kota Mataram dengan cara mengunjungi ketiga Puskesmas tersebut secara bergantian berlanjut dengan pemenuhan kebutuhan, instalasi aplikasi, bimbingan teknis sekaligus uji coba terkait aplikasi. Dari kegiatan ini pula lah, tim mendapat banyak masukan dari pengguna terkait aplikasi.

Walaupun aplikasi masih jauh dari kesempurnaan dalam melakukan otomatisasi rekapitulasi untuk menghadirkan LPLPO, serta masih dalam pengembangan untuk pemenuhan kebutuhan user, aplikasi ini sudah dapat digunakan untuk melakukan record/pencatatan transaksi stok masuk dan keluar bagi IFK Kota Mataram yang terintegrasi dengan Puskesmas.


Related News