Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

DETEKSI DINI DAN SKRINING PENYAKIT TIDAK MENULAR TERINTEGRASI VAKSINASI COVID - 19 DI PUSKESMAS SE KOTA MATARAM BULAN JUNI 2021

PTM atau penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Saat pandemi Covid-19,  PTM menjadi penyakit penyerta (co-morbid) sehingga angka kematian PTM pada saat pandemi Covid-19 juga menjadi meningkat. Bagi para penyandang PTM yang tidak terkontrol menjadi rentan terpapar Covid-19 dan juga menjadi seseorang tidak dapat atau ditunda mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Oleh karena itu untuk meningkatkan skrining deteksi dini Penyakit Tidak Menular serta mengikuti arahan Menteri Kesehatan, kami melaksanakan Skrining PTM tersebut secara terintegrasi dengan Vaksinasi Covid- 19 yang dilaksanakan di Puskesmas se-Kota Mataram. Skrining PTM tersebut dilakukan sambil memanfaatkan waktu observasi 15 menit pascavaksinasi yang dilakukan. Skrining tersebut meliputi: wawancara sederhana, pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran tekanan darah dan  pemeriksaan gula darah sewaktu.

Peran petugas dalam konseling juga sangat penting, karena disamping memberi anjuran kesehatan, petugas juga tetap mengingatkan peserta yang diperiksa untuk selalu mengkuti Protokol Kesehatan dimanapun berada dan berperilaku CERDIK (Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet Sehat dengan Kalori Seimbang, Istirahat yang Cukup dan Kelola Stress). Bagi penyandang PTM untuk tetap menerapkan sikap PATUH (Periksa kesehatan secara rutin dan ikut anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet sehat dengan gizi seimbang, Upayakan beraktivitas fisik yang aman serta Hindari Rokok, alkohol dan zat karsinogenik).

Related News