Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

BIMTEK DAN EVALUASI PELAKSANAAN SURVEILANS GIZI BERBASIS e-PPGBM

Pemantauan pertumbuhan balita merupakan bagian dari standar pelayanan minimal yang harus dilakukan di daerah. Data status gizi masyarakat pada umumnya menjadi kebutuhan  di daerah untuk mengetahui seberapa besar masalah gizi yang ada di setiap wilayah sebagai dasar perencanaan kegiatan dan evaluasi kinerja serta intervensi apa yang akan dilakukan. Mengingat pentingnya data tersebut , dibutuhkan system pencatatan dan pelaporan yang akurat dan menggambarkan tiap individu.

Sistem pencatatan Pelaporan yang digunakan yaitu Aplikasi SiGizi Terpadu (Sistem Informasi Gizi terpadu) yang memuat beberapa menu antara lain e-PPGBM (1), Laporan Rutin (2), Distribusi PMT (3), dan Manajeman Data (4).

Pertemuan Bimtek dan Evaluasi Pelaksanaan Surveilans Gizi berbasis e-PPGBM bertujuan untuk mendapatkan informasi secara terus menerus, cepat, tepat dan akurat sebagai dasar penentuan tindakan dalam upaya untuk pencegahan dan penanggulangan masalah gizi (1), Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Tenaga Pelaksana Gizi (TPG)  dalam penggunaan aplikasi tersebut sehingga setiap data hasil kegiatan dapat di input baik secara of line maupun on line.

Pelaksanaan kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan  selama 6 kali pertemuan, pada setiap kali pertemuan dihadiri oleh 2 Puskesmas masing masing dari Tenaga Bidan dan Tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas dan bertempat di aula Dinas Kesehatan Kota Mataram.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Mataram (Bapak I Dewa Made Mudita, SH), arahan yang disampaikan pada pembukaan acara tersebut adalah untuk meningkatkan koordinasi antara bidan dan Gizi, sehingga terjalin keharmonisan dalam melaksanakan tugas dan mencapai hasil yang baik.

Agenda lain pada pertemuan tersebut adalah pemaparan materi aplikasi sigizi terpadu oleh Bapak Wayan widiarta, A. Md.Gizi. Isi dari materinya antar lain: entri data pada menu e-PPGBM (1), penarikan laporan pada menu Laporan Rutin (2).

Pada setiap akhir pertemuan disepakati beberapa hasil kagiatan yang wajib di entri dan dilaporkan dengan aplikasi tersebut antar lain: Laporan SKDN (1), Laporan Vitamin A, Laporan Asi Ekslusif,  Laporan Bayi  (IMD dan BBLR) serta disepakati untuk mengentri data kelahiran baru dan data ibu hamil.

Harapan kedepannya setiap data kegiatan yang belum diimput dalam aplikasi dapat diinput juga,  mengingat data tersebut dapat diperoleh secara cepat, dan tepat.

Related News