Telpon: +623706177837 Email: [email protected]

AKSI I KONVERGENSI STUNTING “PEMETAAN DAN ANALISIS SITUASI PROGRAM STUNTING DI KOTA MATARAM”

Percepatan penurunan stunting yang merupakan salah satu prioritas Nasional yang membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi pada lokasi dan kelompok sasaran prioritas (pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan). Untuk mencapai keterpaduan tersebut Pemerintah Kota Mataram akan melaksanakan 8 aksi Konvergensi/integrasi untuk menyelaraskan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dengan tujuan meningkatkan integrasi pelaksanaan intervensi gizi dalam pencegahan dan penurunan stunting, yang terbagi dalam 8 Aksi Konvergensi yaitu: Analisis Situasi (1), Perencanaan dan penganggaran Daerah (2), Rembuk Stunting (3), Peraturan Bupati/Walikota Tentang Kewenangan Desa (4), Pembinaan Kader pembangunan Manusia /KPM (5), Sistem Manajemant Data Stunting (6), Pengukuran dan Publikasi Data Stunting (7), Riviu Kinerja Tahunan (8).

Untuk mengawalinya Kota Mataram melakukan Aksi 1 (Analisis Situasi) yang bertujuan untuk memahami permasalahan dalam integrasi, intervensi gizi spesifik dan sensitif dan penentuan lokus stunting.

Pemetaan dan Analisis Situasi program Stunting Kota Mataram bertujuan untuk penguatan koordinasi antar OPD dan sinkronisasi program (1), mengidentifikasi sebaran prevalensi stunting dalam wilayah Kota Mataram (2), dapat diditentukannya Kelurahan Lokasi Khusus (3), Perbaikan manageman Pelayanan untuk meningkatkabn akses rumah tangga 1000 HPK terhadap intervensi gizi sfesifik dan sensitif (4).

Pertemuan Pemetaan dan analisis situasi program stunting Kota Mataram dilaksanakan di ruang rapat Bappeda Kota Mataram pada hari Jum’at tanggal 27 Mei 2021, yang dihadiri oleh beberapa OPD terkait antar lain: Bappeda Kota Mataram, Dinas Kesehatan Kota Mataram, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Mataram, Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram, Dinas Pendidikan Kota Mataram, Dinas Sosial Kota Mataram, Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram. Numlah yang hadir dalam pertemuan tersebut sebanyak 15 orang.

Pertemuan Pemetaan dan Analisis Situasi Program Stunting Kota Mataram diawali dengan acara pembukaan yang langsung dibuka oleh Kabid Sosbud Bappeda Kota Mataram (Bapak Lalu Agus Wiradam, S.Pt. MM), dilanjutkan dengan penyampaian hasil Analisis Situasi oleh Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Mataram ( Bapak I Dewa Made Mudita, SH), adapun hasil analisis situasi yang disampaikan berupa sebaran kelengkapan master Analisis Situasi Kota Mataram mencapai 83 % (1), berdasarkan hasil cakupan angka stunting dapat menentukan lokasi khusus stunting untuk tahun 2022 sebanyak 25 lokus (2), dan Prevalensi stunting berdasarkan hasil e-PPGBM bulan November 2021 sebesar 20,1%.

Agenda lain pada pertemuan tersebut yaitu mendiskusikan cakupan layanan dari OPD terkait yang mana data layanan tersebut belum terisi secara lengkap, dan diharapkan kedepannya data yang dibutuhkan dapat segera terisi dan menjadi standar dalam menentukan lokasi khusus stunting selain berdasarkan prevalensi stunting disetiap kelurahan.

Akhir pertemuan kegiatan tersebut ditutup oleh bapak Kabid Sosbud Bappeda Kota Mataram (Bapak Lalu Agus Wiradam, S.Pt. MM) dengan suatu kesimpulan yaitu penentuan lokus Kelurahan Stunting berdasarkan prevalensi angka stunting di masing-masing kelurahan dan dari data tersebut terdapat 25 kelurahan yang menjadi lokus di tahun 2022. Daftar kelurahan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:

No.

Puskesmas

Kelurahan

2021

2022

1.

Ampenan

1.

Ampenan Tengah

1.

Ampenan Tengah



2.

Ampenan Utara



2.

Tanjung Karang

3.

Banjar

2.

Ampenan Selatan



4.

Tanjung Karang

3.

Banjar





4.

Tanjung Karang





5.

Kekalik Jaya

3.

Karang Pule

5.

Jempong Baru

6.

Jempong Baru



6.

Karang Pule

7.

Karang Pule



7.

Pagutan

8.

Pagutan Barat



8.

Pagutan Barat

9.

Pagutan Timur



9.

Pagutan Timur



4.

Mataram


-

10.

Mataram Barat





11.

Monjok Barat





12.

Monjok Timur

5.

Pagesangan

10.

Pagesangan

13.

Pagesangan Timur



11.

Mataram Timur

14.

Pejanggik



12.

Pagesangan Barat





13.

Pagesangan Timur





14.

Pejanggik



6.

Cakranegara

15.

Turida

15.

Cakranegara Selatan



16.

Mandalika

16.

Turida



17.

Bertais

17.

Mandalika



18.

Selagalas

18.

Bertais





19.

Selagalas

7.

Karang Taliwang


-

20.

Cilinaya

8.

Babakan

19.

Babakan

21.

Babakan

9.

Selaparang

20.

Karang Baru

22.

Rembiga



21.

Sayang-sayang

23.

Sayang-sayang

10.

Dasan Agung

22.

Dasan Agung


-

11.

Pejeruk

23.

Pejeruk

24.

Pejeruk



24.

Pejarakan Karya

25.

Kebon Sari

Related News