MELAYANI SEPENUH HATI

LBSI Tingkat Kota Mataram Dibuka Ketua TP PKK Suryani Ahyar Abduh

LBSI Tingkat Kota Mataram Dibuka Ketua TP PKK Suryani Ahyar AbduhMATARAM – Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) Tingkat Kota Mataram dibuka pada Rabu (25/05/16) di Aula lantai 2 Asrama Haji Provinsi NTB oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh didampingi oleh Kepala Dinas kesehatan Kota Mataram H. Usman Hadi.

Turut hadir pada pembukaan lomba yang diikuti oleh 22 peserta usia bayi dan balita yang merupakan pemenang LBSI di tingkat Puskesmas ini jajaran Dinas Kesehatan Kota Mataram berikut para Kepala Puskesmas se-Kota Mataram, Dewan Juri, dan para orangtua yang mendampingi peserta lomba.

Dikatakan oleh kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H. Usman Hadi, Saat ini di Kota Mataram masih ditemukan sepuluh kasus gizi buruk. Kesemuanya saat ini berada dalam pantauan dan pengawasan dinas yang dipimpinnya, serta dalam perawatan dalam rangka memulihkan status gizinya. Diharapkannya lomba ini dapat memberi motivasi bagi masyarakat untuk memperhatikan tumbuh kembang bayi dan balitanya lebih baik lagi. “Semoga dengan lomba ini dapat meningkatkan kemampuan orangtua supaya bayi dan balitanya tetap sehat”, harapnya.

Dilanjutkan Usman, lomba ini memiliki tujuan besar untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui pembinaan serta pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita sejak usia dini, sehingga tercipta proses tumbuh kembang secara optimal. Mengingat masa balita merupakan masa emas pertumbuhan bayi dan balita. Peserta lomba terbagi dalam dua kategori usia, yaitu kelompok usia 6-24 bulan dan usia 2-5 tahun dengan masing-masing diikuti 11 orang peserta. Sedangkan Dewan Juri sebanyak delapan orang yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, psikolog, ahli gizi, bidan, dan perwakilan dari PKK Kota Mataram.

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka lomba secara resmi, Ketua TP PKK Hj. Suryani Ahyar Abduh mengatakan bahwa perhatian pada tumbuh kembang bayi dan balita sangat penting agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan sempurna. Karena bayi dan balita yang sehat akan bertumbuh menjadi remaja yang sehat, dan remaja yang sehat akan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat pula. Pada lomba ini, Hj. Suryani yang akrab disapa Ummi ini juga berpesan agar Dewan Juri dapat memberikan penilaian secara obyektif.

Sementara bagi orangtua peserta yang hadir, istri Walikota Mataram ini secara khusus menyampaikan pesan bahwa kemenangan bukan merupakan tujuan akhir dari lomba. Sebaliknya kekalahan juga bukan sebuah kegagalan, karena semua peserta yang telah sampai pada lomba di tingkat Kota Mataram ini merupakan bayi dan balita yang terpilih sebagai yang terbaik di Puskesmas masing-masing. “Jangan kecil hati, dapat ikut serta ini juga sudah luar biasa”, ujarnya.

(humas mataram/editor guswan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Melayani Sepenuh Hati