MELAYANI SEPENUH HATI

PELATIHAN KESEHATAN JIWA MASYARAKAT (CMHN) BAGI KADER PUSKESMAS

kader jiwaSejak tahun 2002, paradigma kesehatan Indonesia berfokus pada peningkatan dan pencegahan penyakit dengan memberdayakan potensi yang ada di masyarakat secara optimal agar masyarakat lebih mandiri dalam menjaga kesehatannya. Demikian juga dengan kemampuan dan pengetahuan kader kesehatan yang ada di Puskesmas, sangat perlu ditingkatkan kapasitasnya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Konsep keperawatan kesehatan jiwa masyarakat adalah konsep pendekatan kesehatan jiwa yang berbasis masyarakat, satu upaya mengoptimalkan upaya kesehatan jiwa dengan mempertimbangkan berbagai keterbatasan yang ada. Upaya kesehatan jiwa masyarakat dilaksanakan dengan prinsip holistic, komprehensip, paripurna dan berkesinambungan untuk seluruh usia dan berbagai masalah kesehatan jiwa.

Kader kesehatan jiwa berperan penting di masyarakat dalam menemukan kasus baru ataupun yang tidak dilaporkan oleh keluarga penderita, sehingga kasus penderita gangguan jiwa segera dapat diberikan tindakan yang memadai. Sehingga dipandang perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan jiwa melalui pelatihan-pelatihan yang menunjang dalam pelaksanaan tugas kader di lapanagan.fotobersama kaderjiwa

Tujuan  umum dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader puskesmas tentang kesehatan jiwa sehingga mampu melakukan penemuan kasus dini kasus gangguan jiwa.

Sedangkan Tujuan Khusus

  1. Semua puskesmas mempunyai kader kesehatan jiwa.
  2. Kader mampu mendeteksi dini kasus gangguan jiwa.
  3. Kader mampu bekerjasama dengan petugas Puskesmas.
  4. Waktu pelaksanaan

kaderjiwa1Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 4 (empat ) hari yaitu hari Rabu sampai dengan hari Sabtu tanggal 20 sampai dengan 23 April 2016 di Hotel Limoes Jalan Bungkarno Mataram yang diikuti oleh 22 orang kader yang berasal dari wilayah Puskesmas se Kota Mataram masing-masing 2 orang.

Narasumber/pemateri dalam kegiatan ini dari :

  1. Kebijakan Program Kesehatan Jiwa di Kota Mataram oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram.
  2. Pengenalan tentang gejala gangguan jiwa oleh Ns. Dian Istiana, Sp. Kep. Jiwa (Dosen Stikes Yarsi Mataram)
  3. Perawatan penderita gangguan jiwa untuk Kader kesehatan jiwa oleh Ns. Muhammad Sunarto, Sp.Kep.Jiwa (Perawat RSJ Mutiara Sukma. Mataram).

Pelaksanaan pelatihan kader berjalan dengan lancer dan diharapkan setelah pelatihan, kader dapat membantu pelaksanaan kegatan kesehatan jiwa di puskesmas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Melayani Sepenuh Hati